Pendidikan Berkualitas Pintu Kemajuan

 



Saijah Ghani Ketua Kaderisasi PMII Kutai Timur 


Daerah Kutai Timur merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam (SDA) melimpah, maka untuk mengelola sumber daya alam yang melimpah itu perlunya sumber daya manusia (SDM) yang memadai juga. Hari ini Kutai Timur sudah mengupayakan itu dengan memberikan pendidikan yang gratis dari sekolah dasar sampai pada perkuliahan. Hanya saja apakah pendidikan yang diberikan itu hanya untuk menyekolahkan atau untuk menyiapkan penerus kedaerahan hari ini.

Dalam dunia pendidikan kita bisa melihat masih minimnya tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang ada di daerah pedalaman Kutai Timur. Sebagaimana yang dikutip dari Prokal.co, saat ini jumlah tenaga pengajar di Kutim masih jauh dari kuota yang diharapkan, khususnya untuk sekolah-sekolah yang berada dipedalaman. Saat ini jumlah guru di Kutim baru mencapai 2.350 orang.

Padahal, kebutuhan yang sesuai dengan rombongan belajar (rombel) dan mata pelajaran (mapel) diperkirakan 3.000 pengajar. Dan guru yang hari ini mengajar masih ada yang belum sesusai dengan pendidikannya. Itu pendidikan yang ada dari paud sampai dengan sekolah menengah atas, untuk perkuliahan sendiri Kutai Timur juga mempunyai dua kampus yang untuk pekulihan secara gratis atau tidak dipungut biaya, tapi fasilitas yang disediakan juga tidak memadai atau menunjang perkulihan seperti pasokan buku yang ada diperpurtakaan adalah edisi lama dan takterbarukan, alat yang ada di lab kampus juga tidak lengkap, bahkan dalam waktu dekat ini banyak gaji dosen yang tidak dibayar dan ini menjadi salah satu hambatan dalam pendidikan bahkan pemebelajaran pernah dihentikan dalam beberapa waktu, dan ini tentumenjadi kendala besar ditingkat perguruan tinggi.

Melihat dari kondisi yang ada maka perlunya kesejahteraan pendidikan baik dari tenaga pendidik maupun peserta didik, agar SDA yang ada di Kutai Timur juga dikelolah oleh SDM Kutai Timur itu sendiri, ini juga menjadi penting untuk generasi daerah yang tidak boleh menjadi penonton didaerahnya sendiri.

 Maka perlunya perbaikan dalam bidang pendidikan ini, karena Kutai Timur merupakan daerah yang kaya akan SDA yang berkualitas maka perlu juga SDM yang berkualitas. Pendidikan sendiri, memiliki peran sentral dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, agar tujuan pendidikan bisa tercapai sebagaimana yang dicita-citakan di dalam UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, bahwa pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. 

Selamat Ulang Tahun Kutai Timur.  

0 Komentar