Sebanyak 86 Mahasiswa Baru Resmi Menjadi Anggota PMII Kutim

Opening Ceremony Mapaba XXIV Tahun 2021

Sangatta-Rayon MPI Mafaza, Rayon Al-Faruq, dan Rayon Agata Dewantara Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STAI Sangatta menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) XXIV tahun 2021 dengan bertemakan "PMII Sebagai Mazhab Pergerakan Intelektual Muda Yang Competitive, Integrity, dan Nationality". Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Darul Ikhlas KM 5 Kecamatan Sangatta Selatan pada jum'at, (17/09/21) lalu.

Irwansyah, ketua Umum PC PMII Kutai Timur menyampaikan dalam sambutannya, Mapaba adalah pintu awal mahasiswa baru mengenal PMII, sekaligus pintu masuk bagi para mahasiswa untuk menjadi anggota di PMII. 

"Mapaba ini hanya awal bagi sahabat-sahabat semua mengenal tentang apa itu PMII. Yakinlah, ketika kalian memilih PMII sebagai wadah untuk belajar sahabat-sahabat semua akan mendapatkan bekal pengetahuan dan pengalaman di masa mendatang yang tidak kalian dapatkan di Kampus. Banyak hal yang bisa sahabat-sahabat lakukan ketika menjadi anggota PMII, yang terpenting konsisten dalam setiap prosesnya", ungkap Irwansyah.

Sementara itu, pembukaan Mapaba XXIV sendiri dibuka oleh Sekretaris Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Kutim, Mumammad Fauzan Razak. Dalam sambutannya, Fauzan menekankan kepada para peserta untuk betul-betul mengikuti dan menyerap semua materi-materi Mapaba, karena di Mapaba proses pengenalan tentang PMII lebih banyak dijelaskan, sehingga bisa melekat di dalam ingatan para peserta itu sendiri.

"Dulu saya dan teman-teman dosen di depan sahabat semua juga berproses seperti ini, kami juga ikut Mapaba. Jangan tanggung-tanggung ketika berproses di PMII, harus tetap semangat dalam belajar dan bergerak agar menjadi generasi handal penerus bangsa", ujarnya. 

Eki, Ketua Pelaksana Mabapa XXIV juga mengakan bahwa Mapaba digelar selama 3 hari yakni mulai tanggal 17-19 September 2021. Selama prosesnya semua peserta berkegiatan dan bermalam di Pesantren Darul Ikhlas.

"Mapaba XXIV ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai hari ini Jumat 17 September 2021 dan akan berakhir hari Minggu 19 September 2021. Kami juga selaku panitia turut mengucapkan terimakasih kepada pengurus Pesantren karena sudah di izinkan berkegiatan di sini",ujar Eki.

Mapaba kali ini juga dirangkai dengan Diskusi Publik dengan tema "Gus Dur Sebagai Sebuah Metodologi" dengan menghadirkan koordinator Gus Durian Kaltim Sahabat Randi Muhammad Gumilang yang juga sekaligus pengurus Lakspedam NU Kaltim. Selain sahabat Randi, narasumber kedua adalah sahabat Mustato' Gus Durian Kutim sekaligus dosen di STAI Sangatta. (Adm)

0 Comments