KOPRI Kutai Timur Selenggarakan Bedah Buku Nasional Secara Virtual


pmiikutim.or.id,- Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (KOPRI PMII) Cabang Kutai Timur menggelar diskusi buku nasional Menaklulkkan Tambang “Potret Perempuan Di Pertambangan” karya Zulfatun Mahmudah cecara virtual (20/10/2020)

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 partisipan mulai dari kalangan mahasiswa, pekerja maupun aktivis. Dan kegiatan ini bertujuan untuk memahami isi buku yang sengaja ditulis untuk menampilkan potret para wanita di dunia kerja khususnya pertambangan yang tidak dapat dipungkiri bahwa itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Diskusi ini dipandu oleh Zulkadrin yang merupakan salah satu penulis di akun PMII Kutai Timur dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu Haris Retno selaku Ketua Pusat Studi Hukum Perempuan dan Anak Universitas Mulawarman, Rizal Kasli selaku ketua umum ahli pertambangan Indonesia (PERHAPI) dan Mahyudin selaku wakil ketua DPD RI.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan curriculum vitae para narasumber dan penulis dan dilanjutkan dengan penyampaian analisis mengenai isi buku oleh Mahyudin selaku wakil Ketua DPD RI serta pemaparan isi buku oleh penulis mengenai poin-poin penting yang tertulis didalamnya.

Tentunya ada harapan yang sematkan dengan diadakannya kegiatan ini, salah satunya yaitu para audiens khususnya perempuan agar kembali memahami fungsi dan perannya masing-masing, seperti yang dijelaskan Mungawanah selaku ketua panitia “"Dengan adanya diskusi buku nasional ini diharapkan seluruh mahasiswa maupun Masyarakat, terutama perempuan agar kembali memahami fungsi dan peran kita masing-masing, bahwasanya tugas perempuan bukan hanya mengurusi seputar sumur, kasur, dan dapur tapi lebis luas lagi perempuan mampu menempati posisi strategis dalam segala sektor kehidupan, agar dapat mencapai hal tersebut, perempuan harus terampil dan terdidik, perempuan tidak boleh diam menikmati hasil tapi harus mampu mengambil bagian dari hal penting ini, semoga dengan adanya kegiatan ini kita selain kita sadar tentunya mampu menerapkan nilai-nilai yang telah dipaparkan oleh narasumber yang hebat - hebat tersebut".” ucap ketua 1 kaderisasi Kopri ini.

kegiatan inipun dapat dijadikan jalan lain untuk menambah hasanah keilmuan yang harus terus digali oleh pengurus PMII maupun Kopri. “Dengan adanya kegiatan ini akan menambah wawasan kalian dan kalau suatu hari nanti kalian ingin memperdalam diskusi ini, gelar forum yang sifatnya internal tapi berangkat dari perdebatan yang ada di acara ini”. Terang penulis buku tersebut.

kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri oleh sesi tanya jawab oleh audiens yang ditanggapi langsung oleh para pemateri. AR

0 Comments