Jalan Layak Rakyat Sejahtera

Naufal Muammar Sekretaris Rayon Beriun ES


Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sangatta. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 35.747,50 km². artinya tidak kecil wilayah kota tambang batu bara dan kelapa sawit ini, namun dengan luas wilayah yang sangat besar apakah masyarakat bisa mengakses jalan dari satu daerah kedaerah lainnya ?.

Berdasarkan berita yang dilansir dari Tribunnews 2022, Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Timur tahun 2020 terdapat kurang lebih 445,75 kilometer jalan di Kutai Timur dikategorikan rusak berat. Hal ini menjadi salah satu bentuk yang membuktikan bahwa pembangunan infastuktur yang ada di Kutai Timur perlu di pertanyakan bagaimana kinerjanya. Bahkan jalan yang ada di tengah kota Sangatta Ibu Kota Kutai Timur sangatlah miris dilihat, contohnya ada salah satu sekolah pendidikan menengah atas yang setiap musim hujan harus meliburkan diri karena akses untuk kesekolah terendam air.

 Ini tentunya menjadi evaluasi yang besar untuk pemerintah kabupaten Kutai Timur untuk lebih memperhatikan lagi pembangunan jalan yang layak dilewati oleh masyarkat. Itu kalo kita berbicara tentang keadaan akses jalan dalam ibu kota kabupaten Sangatta, masih banyak daerah kabupaten Kutai Timur yang jalannya tidak bisa dianggap jalan yang seharusnya jalan, bahkan perjalanan antar daerah yang harusnya ditempuh hanya 2-3 jam harus memakan waktu samapi 5 jam lamanya. Dari pernyataan Irwan Anggota komisi V DPR RI dapil kaltim PROKUTIM 2021, anggaran untuk pembangunan jalan itu 1,5 T. angka tersebut bukanlah kecil, tapi sampai hari ini jalan masih banyak yang rusak diangka yang fantastis, itu bukan rusak biasa tapi rusak parah, jalan sangatta, simpang perdau bengalon, sangkulirang, wahau, kaubun dan jalan lainnyayang ada disekitarnya, maunya bisa bagus dan layak sekarang karena itu merupakan akses utama masyarakat menuju ibu kota.

Melihat kondisi data infrastruktur jalan di atas, Hendaknya butuh perhatian pemerintah yang lebih, dengan menekankan pembangunan jalan sebagai skala prioritas, yang difokuskan kepada pembangunan jalan desa, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan segala aktivitas apapun, terutama untuk mempermudah roda ekonomi masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya, Semua jalan harus dikelola sebaik mungkin untuk Kutai Timur kedepannya.


HBD KUTIM.... 

  

0 Komentar