Asah Literasi Skill, 2 Rayon PMII Kutim Gelar Bedah Buku


Potret antusias sahabat - sahabat yang konsisten bertahan hingga akhir kegiatan dalam dunia literasi 

pmiikutim.or.id. Sangatta- Rayon PAI Al-Asy’ari dan Agata Dewantara PMII Komisariat STAI Sangatta, menggelar Bedah Buku, (05/07/2022) bertempat di Sekretariat PMII Kutai Timur, Kecamatan Sangatta Utara. Dalam kegiatan ini dua pengurus rayon tersebut mendatangkan Sahabat Irwan sekretaris kaderisasi PMII Cabang kutai Timur menjadi pemantik dalam Bedah Buku Kali ini. 

Dalam Kegiatan ini Pemantik Menggunakan metode membaca satu Buku per individu serta dipresentasikan dan didiskusikan secara bergiliran. Adapun Buku-buku yang di Bedah 1. PAULO FREIRE Pendidikan kaum tertindas. 2. Agama itu bukan Candu. 3. Revolusi Kapitalis. 4. Biografi Tan Malaka. 5. Syekh Siti Jenar (Manunggaling Kawulo Gusti) dan banyak buku lainnya .

Pemantik juga menyampaikan terkait dampak kegiatan ini, Bedah buku bertujuan mengupas dan meriview buku untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang buku yang dibedah serta mengkritisi kelebihan dan kekurangan buku sehingga timbul motivasi penasaran bagi si pembaca.

“Saya Berterimaksih di percayakan sebagai pemantik dalam kegiatan bedah buku ini, saya menggunakan metode baca buku yang seperti itu, guna membuat kita semua memahami bacaan dan melatih semua sahabat menganalisa hasil bacaannya” Jelas  Irwan

Hal lainnya dalam  kegiatan Bedah Buku yang diselenggarakan malam hari dari pukul 19.00-Selesai, menimbulkan antusias dalam literasi dari berbagai rayon sangatlah meningkat, dilihat dari peserta yang tetap konsisten dari awal higga selesai kegiatan.

Sebagai penanggung jawab kegiatan  Muhammad Taufiq juga berharap kegiatan ini terus berjalan “ malam ini baru permulaan, artinya apa, kegiatan ini sifatnya berkelanjutan, dan melihat antusias dari sahabat- sahabat saya sebagai penanggung jawab siap memfasilitasi kegiatan ini agar terus berjalan” ujar ketua Rayon PAI Al-Asy’ari tersebut.

Kaderisasi Informal yang sifatnya memberi bekal dalam berfikir merupakan semua tujuan pengurus yang ada di PMII, hal ini di benarkan oleh Ketua Kaderisasi Rayon PAI Sahabat Abdil “ saya memang tipikal yang tertarik dengan kegiatan yang memuat literasi didalamnya, dan sebagai tombak kaderasi anak rayon harus memiliki literasi yang baik, agar dalam pola pikir tercipta pemikiran yang baik pula” ujar Abdil dengan gagahnya

 


Selain dari Rayon penyelenggara Peserta yang hadir juga meliputi lima Rayon Se-Komisariat STAI Sanggatta dan Pengurus Cabang, yang lansung di hadiri Oleh Ketua Kaderisasi Yang juga mengapresiasi kegiatan ini “ Tujuan saya selain ingin menambah literasi bersama sahabat-sabat Rayon saya juga ingin melihat bagaimana antusias dari Aggota dan kader PMII dalam dunia literasi, dan malam ini terlihat bahwa memang antusias sahabat-sahabat tinggi, saya juga mengapseriasi Penanggung Jawab kegiatan, dan memberi pesan bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan” Ujar Saijah Ghani

Mengenai berlanjutnya pelaksanaan kegiatan sahabat Irwan yang juga pemantik memberi pesan dalam penutupnya “lebih baik kita Bedah Buku dan diskusi seperti Kegiatan ini diperbanyak, kalau bisa seminggu 3 kali, dari pada hanya tidur dirumah dan menjadi kutu buku tapi jiwa sosial nya kurang” ujarnya.

Penyampaian tersebut juga didasari pesan dari Bung Karno “Pemuda yang kumpul-kumpul sambil diskusi tentang bangsa dan negara , itu jauh lebih baik dibanding pemuda kutu buku yang hanya memikirkan diri sendiri.” (terezna)


0 Comments