PMII Kutim Menghidupkan Ramadhan Dengan Sholat Tarawih dan Tadarus

Sholat Tarawih Berjamah

pmiikutim.or.id, Sangatta- 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari selasa 13 April 2021, setelah diputuskan lewat sidang isbat Kementrian Agama Republik Indonesia. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh maghfirah dan kasih sayang Allah SWT. Disitulah kita sebagai hambanya senantiasa berusaha menggapai rindha-Nya dengan menghidupkan setiap waktu yg ada dengan ibadah dan kebaikan.

PMII Kutai Timur yang merupakan organisasi mahasiswa islampun tidak ketinggalan dalam hal tersebut dengan menggelar sholat tarawih berjama'ah di Sekretariat PC PMII kutim. Kegiatan ini selalu rutin dilakukan pada setiap bulan ramadhan setiap tahunnya.

Menurut Ghazali, selaku pengurus Komisariat bidang keagamaan mengatakan"jadwal imam, kultum dan bilal sudah dibagi mulai dari hari pertama puasa sampai akhir ramadhan dengan menyertakan nama-nama dari masing-masing kepengurusan, baik itu Rayon, Komisariat maupun Cabang,"tutur Ghazali.

"Selain yg dijadwalkan bertugas disekretariat, ada juga beberapa sahabat yang turun langsung bertugas dimasyarakat, meskipun saat ini baru dibagian Kultum, belum sebagai imam sholat. Hal ini juga sebagai langkah awal pendistribusian kader PMII di tengah-tengah masyarakat,"tambah Ghazali.

Kultum 

Senada dengan Irwansyah, selaku ketua umum PC PMII kutim mengatakan,"rutinitas ini sudah menjadi kegiatan sahabat-sahabat dikutim, sekaligus sebagai tempat belajar sahabat-sahabat agar bisa menjadi imam sholat tarawih, kultum, dan bilal tarawih. Hal ini merupakan sebagai salah satu usaha nyata membekali soft skill anggota dan kader PMII Kutim dalam aspek keagamaan agar siap ketika dibutuhkan di masyarakat,"ujar Irwansyah.

Tadarus 

Selain sholat tarawih berjamaah, kegiatan hataman Al-Qur'an pun juga diselenggarakan melalui media offline dan online. Untuk kegiatan offline sudah lama dilakukan, namun untuk via daring, ini baru terhitung tahun kedua. Ini dilakukan berawal karena adanya pandemi covid-19. Munculah tadarus online sebagai inovasi sahabat-sahabat PMII kutim agar tetap bisa bertadarus bersama-sama.(An)




0 Comments