Halmahera Diguncang Gempa, PMII Kutim Bantu Galang Dana


Anggota PMII Kutai Timur, dalang dana di Pasar Sangatta Lama

pmiikutim.or.id Ujian berupa bencana alam kembali menimpa Indonesia. Kali ini gempa bumi menggoncang Kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara pada minggu tanggal 14 juli 2019 tepat pukul 16.10 WIT. Gempa tersebut setidaknya mengakibatkan rusak berat pada 971 Rumah, fasilitas pendidikan berupa 6 Gedung Sekolah , 1 PAUD , 1 unit Fasilitas Kesehatan , 2 unit Masjid , 1 unit Gereja, dan 3 unit Jembatan. Tercatat setidaknya 2.104 warga mengungsi ,51 jiwa luka-luka dan 6 orang meninggal dunia.




Dalam rangka meringankan beban korban tersebut, segenap anggota PMII Kutai Timur melakukan aksi solidaritas berupa Galang Dana. Aksi tersebut dilaksanakan pada Minggu 21 juli 2019. Kegiatan sosial tersebut dimulai pukul 09.00-11.00 WITA berlansung di 2 titik yakni Pasar Sangatta Lama kemudian bergeser ke Pasar Induk Sangatta.

Menurut Kordinator Aksi, Sahabat Andri Winarto, aksi tersebut adalah bagian dari upaya meringankan korban gempa, sekaligus mengasah kepekaan sosial anggota PMII. “Kegiatan ini adalah kegiatan kemanusiaan bagian dari tanggung jawab mahasiswa khususnya warga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dimana kita diwajibkan untuk selalu hadir membantu saudara kita yang terkena musibah”, ungkap Ketua 1 Kaderisasi PMII Komisariat STAIS tersebut.

Aksi kemanusian ini diikuti pengurus PMII dari tingkat Cabang, Komisariat, dan Rayon. Dari hasil galang dana tersebut, PMII berhasil mengumpulkan Rp. 2. 462.400,-. (An)





0 Comments