PMII Kutim Galang Donasi Untuk Korban Kebakaran




pmiikutim.or.id - Sangatta Kab. Kutai Timur Kalimantan Timur telah terjadi sebuah musibah Kebakaran. Tepat hari Senin 27 Mei 2019 terjadi kebakaran di Gang Tepian/buntu, Sangatta Utara. Kobaran si jago merah melahap sekitar 9 unit rumah kayu serta kerugian total hampir mencapai 1 Milliyar Rupiah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun beberapa korban masih mengalami trauma dari kebakaran tersebut.

Musibah ini mengakibatkan duka yang mendalam bagi korban kebakaran dan banyak dari elemen masyarakat serta organisasi kemahasiswaan yang turut andil dalam berpartisipasi membantu korban kebakaran tersebut. Demikian pula dengan keluarga besar PC. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Timur yang turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan.

Dua hari berselang, tepatnya tanggal 29 Mei 2019 PMII Kutai Timur lansung mengadakan aksi kemanusiaan, turun langsung kejalan untuk melakukan penggalangan dana untuk korban kebakaran. Aksi tersebut dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WITA, dimulai dari sangatta sebrang kemudian bergeser dan berakhir di pasar Induk sangatta utara.



Bertindak sebagai Kordinator Aksi Ketua II Advokasi Komisariat PMII STAI Sangatta, Muh. Aldair Ananda, menerangkan bahwa aksi galang dana ini adalah aksi kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas PMII kepada saudara/i kita yang terkena musibah kebakaran. Karena PMII sebagai wira pergerakan dalam hal sosial sudah menjadi tanggungjawab kami untuk saling membantu bagi sesame yang mengalami musibah. “Demi meringankan beban saudara kita yang terkena musibah kebakaran, aksi galang dana ini lansung kita lakukan dua hari berselang terjadinya musibah tersebut”, terangnya Aldair.

Turut ikut dalam aksi tersebut, Sahabat Irwansyah selaku Sekretaris Umum PMII Kutai Timur. Dalam keterangannya, ia menjelaskan bahwa PMII selalu merespon setiap bencana yang terjadi baik di tingkat daerah maupun skala nasional. “PMII selaku komponen bangsa ini, turut prihatin dan berduka atas musibah kebakaran. Kita selalu merespon untuk sebisa mungkin meringankan beban korban, meskipun kecil setidaknya inilah yang bisa kami lakukan”, tegas Irwan.

Aksi kemanusian tersebut diikuti dari tingkat Cabang, Komisariat, dan Rayon. Dari hasil galang dana tersebut, PMII berhasil mengumpulkan Rp. 4. 131.000,-. (Al)



0 Komentar