Gagas Keadilan Gender, SIG PMII Kutim Luluskan 19 Kader KOPRI




pmiikutim.or.id,- Demi menumbuhkan semangat kesetaraan dan keadilan  gender, Korps Pergerkan Mahasiswa Islam Indonesi Puteri (KOPRI) Komisariat STAI Sangatta menggelar Sekolah Islam Gender (SIG) Se-Provinsi Kalimantan Timur-Utara. Kegiatan berlansung selama tiga hari tersebut, sukses digelar dari hari jum’at hingga minggu, 3-5 Agustus 2018.

Dalam laporannya, Karnia, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan SIG ini didesain dengan semangat untuk membangun kualitas perempuan, khususnya kader putri PMII di Kalimantan Timur. “ Kegiatan yang akan dilakasanakan ini sudah kita desain dengan matang, Pemateri pun kita datangkan dari beberapa daerah, demi menumbuhkan semangat buat para peserta”, ujarnya.

Mengangkat tema “peran kader dalam menegakkan keadilan gender”, SIG yang ke-III tersebut berhasil meluluskan 19 orang peserta putri yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur. “Kegiatan SIG ini diikuti oleh 19 orang peserta, berasal dari PMII Komisariat IAIN Samarinda, Komisariat Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur, PMII cabang paser, dan lima rayon di Komiisariat STAIS Kutai Timur”, terang Triyani selaku ketua KOPRI Komisariat STAIS.

Senada dengan pernyataan diatas, Ketua KOPRI PMII Kutai Timur, Fitri Zulaiha, menyampaikan apresiasi atas terselanggaranya kegiatan SIG ini, bahkan ia mengindikasikan akan melaksanakan kaderisasi lanjutan untuk kader Putri PMII diwaktu dekat. “ sebagai apresiasi, KOPRI akan mengawal kegiatan SIG, dan berharap dengan adanya SIG, sahabat-sahabati PMII yang putri bisa bertambah wawasannya, dan tidak minder lagi berhadapan dengan superioritas laki-laki. Perempuan diharapkan mampu mengerti bahwa perempuan juga bisa. Nanti lebih lanjut, kita akan berusaha melaksanakan SKK di Kutai Timur”, tegas mahasiswi semester akhir tersebut.


Dilain pihak, saat ditanya mengenai motivasi ikut SIG, Indri, mengaku bahwa ia ingin memajukan wawasannya sebagai perempuan, dan juga nanti bisa membagi ilmunya dengan sahabat-sahabatnya. “Motivasi saya ikut SIG ini karena saya ingin menambah wawasan saya, dan juga memajukan pola piker mahasiswi di IAIN Samarinda” jelas perwakilan KOPRI IAIN Samarida tersebut.

Demikian pula, Iswatun Hasanah, mengaku bahwa sangat bersyukur bisa mengikuti SIG ini. “ Dengan ikut SIG ini, saya akhirnya bisa dapat sahabat-sahabat baru, dan yang paling penting juga dapat pengalaman dan wasasan ilmu baru tentang kesetaraan gender”, pungkas perwakilan KOPRI Rayon PAI-STAIS tersebut .

Kegiatan yang awalnya dibuka oleh Muhtar, M.Pd selaku Ketua Majelis Pembina Cabang PMII Kutai Timur tersebut, dihadiri oleh jajaran Alumni PMII Kutai Timur dan diramaikan dengan hiburan dari Laskar Sholawat PMII dan Group Tari KOPRI PMII. Akhirnya kegiatan ini ditutup pada Minggu siang di Gedung KNPI Kutai Timur. (Drin)



1 comment: