Mapaba PMII Kutim Banyak Peminat

Seperti rutinitas pada tiap-tiap tahun ajaran baru sebelumnya, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kutai Timur (Kutim) mengadakan Penerimaan Anggota Baru, yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Agustus 2016 bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Ma’arif, Jl. Pendidikan Sangatta Utara.

Kegiatan yang dinamai dengan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ini diikuti oleh sekira 80 orang yang ke semuanya merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutim. Dalam rangkaian kegiatannya, MAPABA diisi dengan berbagai kegiatan dan penyampaian materi, diantaranya tentang ke-mahasiswa-an, ke-Indonesia-an, dan Ke-PMII-an.

Menurut Muhammad Nur, ketua panitia, MAPABA tersebut bertujuan untuk memperkenalkan PMII kepada para mahasiswa baru sekaligus menjadi pintu gerbang bagi yang ingin menjadi anggota PMII. “Dari sekira 100 yang mendaftar, 80 orang yang mengikuti MAPABA ini nantinya akan “digembleng” selama 3 hari. Di situ, para peserta akan diajak untuk mengikuti rangkaian kegiatan, mulai dari sholat malam, sholat 5 waktu, senam, dan penyampaian materi, ucapnya. Nur, panggilan akrabnya juga menambahkan bahwa MAPABA tersebut diharapkan bisa membekali anggota baru untuk betul-betul menjadi anggota PMII yang militan. Saat ditanyain kedua puluh pendaftar yang batal ikut, Nur mengatakan kedua puluh pendaftar tersebut tidak bisa ikut karena berbenturan dengan pekerjaannya. (Baca juga: Refleksi Kemerdekaan, PMII Soroti Pembangunan Kutim)

Untuk sekedar diketahui, rangkaian MAPABA ini merupakan kegiatan kaderisasi yang dikemas dengan nuansa religi, ilmiah dan santai. Lalu, salah satu peserta MAPABA mengaku cukup senang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, dia merasa banyak tambah teman dan mengetahui banyak hal yang sebelumnya belum pernah diketahui. “saya dan sahabat-sahabat cukup senang dan bangga setelah bergabung dengan PMII. Ada suasana baru dan keakraban yang begitu hangat yang kami rasakan di MAPABA ini, ujarnya dengan semangat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, MAPABA kali ini dilaksanakan oleh pengurus rayon tarbiyah dan pengurus rayon syariah Komisariat PMII STAIS Kutim. Suci Nastiti selaku Ketua Umum Cabang PMII Kutim mengapresiasi kemandirian pengurus rayon dan komisariat yang mengadakan MAPABA secara mandiri. “Saya cukup bangga dan senang atas kemandirian sahabat-sahabat yang dengan jerih payah bisa melakukan MAPABA secara mandiri. Mudah-mudahan hal ini tetap berlanjut ke depan dan menjadi lebih baik lagi. Penting untuk di ketahui oleh para anggota baru, bahwa MAPABA ini hanya kulitnya saja, enam bulan ke depan kalau anda benar-benar serius ber PMII maka anda baru bisa disebut kader kalau anda sudah mengikuti PKD”, ujar Cici dalam sambutannya saat penutupan acara.***mchtr



1 Comments