PMII Kutim adakan SIG Se-Kalimantan Timur





Sekolah Islam Gender  (SIG) yang menjadi salah satu program kerja Korps PMII Putri Kutai Timur dilaksanakan pada 13 sampai 16 Mei 2016 bertempat di pesantren Hubbul Wathon, Sangatta Selatan Kutai Timur.


Peserta kegiatan tidak dikhususkan untuk anggota dan kader PMII perempuan namun juga laki-laki. Kegiatan ini dihadiri pula dari perwakilan peserta Cabang Samarinda dan Kutai Kartanegara. Dari cabang Samarinda mewakilkan 4 orang yaitu 1 orang sahabat dan 3 sahabati kemudian untuk cabang Kutai Kartanegara mengirimkan wakil 2 sahabati.

Ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (KOPRI) cabang Kutai Timur, sahabati Mahmudah mngatakan "kegiatan SIG se Kalimantan Timur ini sudah disusun cukup lama dan mengalami beberapa waktu kemunduran hingga alhamdulillah mampu kami dari PMII cabang Sangatta pada saat ini". Berbagai macam materi berkaitan dengan Islam dan Gender yang telah dituangkan serta diberikan oleh pemateri-pemateri yang capable di bidangnya. Pemateri sebagian besar merupakan dosen, dan beberapa diantaranya merupakan tokoh aktifis gender, seperti Prof. Dr. Hj. Siti Muri'ah yang meluangkan waktunya jauh-jauh dari Samarinda untuk mengisi di kegiatan SIG se-Kalimantan Timur ini.

Sahabat-sahabati diajak berfikir kritis dan transformatif oleh panitia pelaksana. Hal ini dimaksudkan agar tujuan kegiatan ini tidak hanya sekedar angin lalu ketika telah selesai, namun diharapkan mampu memberikan terobosan-terobosan baru terhadap isu kekinian yang biaa menjadi solusi atas permasalahan sosial terutama berkaitan dengan gender. Sahabat Irul salah satu peserta yang mewakili dari Cabang Samarinda mnyampaikan "kegiatan ini sangat baik dan saya sangat senang, tidak hanya karena saya menemukan sahabat-sahabat baru namun dengan mengikuti SIG ini saya mendapatkan jawaban atas diskusi-diskusi tentang gender yang selama ini masih mentok belum pada kesimpulan yang ada ditempat saya".

0 Komentar