Seminar Pembuka PKL PMII Kaltim Dipadati Peserta



Samarinda. Seminar dan Pembukaan Pelatihan Kader Lanjutan yang diadakan oleh Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kaltim berlangsung cukup meriah dan dipadati peserta, pasalnya undangan yang datang melebihi dari target. Kegiatan yang berlangsung di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Samarinda Seberang pada (29/12), dihadiri sekira 240 tamu undangan yang terdiri dari tokoh masyarakat, organisasi kemasayarakatan maupun organisasi kemahasiswaan, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di samarinda dan luar kaltim, serta siswa SMA, SMK atau sederajat di Samarinda.

Aacara yang berlangsung pukul 08.00 wita, dawali dengan hiburan tari jepen, sambutan Ketua PKC, Ketua Nahdlatul Ulama Kaltim sekaligus membuka acara kemudian dilanjutkan seminar tentang kepeimpinan dan manajerial anggaran. Dalam sambutannya, Enip Himawan selaku Ketua PKC PMII Kaltim mengatakan kegiatan Pelatihan Kader Lanjutan dan Seminar dilakukan atas dasar tanggungjawab organisasi untuk mencetak kader-kader PMII yang tangguh dan berkualitas. “saya berharap seminar ini mampu memberikan gambaran kepemimpinan yang ideal dan masyarakat tahu tentang gambaran tentang pengelolaan keuangan yang berputar di bangsa ini, agar nantinya masyarakat juga ikut berpartisipasi dan mengontrol pengelolaan keuangan daerah maupun pusat, selain itu, saya berharap peserta PKL nantinya mampu mengembangkan pengetahuan, gagasan, dan ide serta mengaplikasikan hasil dari PKL ini di daerahnya masingmasing”, tegasnya.

Senada dengan Ketua PKC Kaltim, Wakil Ketua NU Kaltim dalam sambutannnya sebelum membuka acara mengapresiasi jenjang pengkaderan formal yang berkelanjutan ditubuh PMII. “Hendaknya kegiatan semacam ini dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kader dan menciptakan pemimpin yang tangguh di masa mendatang, hal inilah menjadi tonggak dasar berkembangnya suatu organisasi dan pengembangan karakter individu anggotanya itu sendiri, ujar laki-laki yang juga menjabat sebagai Wakil Ikatan Alumni PMII(IKA PMII) Kaltim.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan seminar. Seminar dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama tentang kepemimpinan, dan sesi kedua tentang manajerial anggaran. Seminar kepemimpinan diisi oleh dua narasumber yaitu Khoerudin (Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia/KNPI Kaltim) dan Safarudin (Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kaltim), sementara manajerial anggaran diisi oleh Nazamudin (seorang akuntan keuangan publik independen).

Selesai seminar, sesuai agaenda yang dijadwalkan dari tanggal 28 November-03 Desember 2014, peserta PKL dari berbagai Kabupaten Kota se-Indonesia Timur kemudian mengikuti materi-materi PKL yang terdiri dari beberapa materi yang tercakup dalam tiga bagian materi, yakni Ke-PMII-an, Ke-Indonesiaan-an, dan Ke-Islam-an.**mchtr

0 Comments