PMII Kutim Sambut Tahun Baru dengan Cara Unik


PMII News. Di penghujung tahun 2014, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kutai Timur mengadakan maulid habsyi dan diskusi pada Rabu (31/12). Kegiatan yang bertempat di Sekretariat PMII, Jl Diponegoro Gang Dono Mulyo ini dihadiri oleh pengurus Rayon, Komisariat, Cabang PMII dan anggota serta Majelis Pembina Cabang (MABINCAB) PMII Kutai Timur.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan maulid habsyi, sambutan Ketua Umum, diskusi, kemudian doa sebagai penutup. Dalam sambutannya, Nashirudin, Ketua Umum PMII mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk merefleksi perjalanan PMII selama satu tahun, sekaligus menyambut datangnya tahun baru Masehi 2015. “Kalu biasanya orang-orang menyambut atau merayakan Tahun Baru Masehi dengan hiburan, atau senang-senang, tapi kita (PMII=red) menyambutnya dengan kegiatan yang positif, seperti habsyi dan diskusi yang kita lakukan saat ini, ujar Nasir panggilan akarabnya sebelum menutup sambutan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi refleksi akhir tahun yang diisi oleh Mustatho’. Mengawali diskusinya, Mustatho’ terlebih dahulu meminta kepada anggota dan kader PMII yang hadir untuk membaca Alhmadulillah tiga kali. Menurutnya, bacaan tersebut dimaksudkan sebagai ucapan rasa syukur atas segala kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Tambahnya lagi di tengah-tengah diskusi, Mustatho’ juga meminta untuk merefleksi kehidupan dimulai dari diri sendiri, kemudian merefleksi PMII secara khusus selama satu tahun berjalan. “ Sahabat-sahabat sekalian, patut kita syukuri, bahwa berkat karunia Allah kita menyambut Tahun baru dengan kegiatan semacam ini, sementara di luar sana banyak yang merayakan dengan hura-hura, tapi di PMII Cabang Kutai Timur merayakan dengan amal shaleh. Dan perlu kita ingat juga seperti tersirat dalam surah Al-Hasr ayat 18-19, bahwa dalam merefleksi, selaian mengefaluasi apa yang telah dilakukan, kita juga perlu untuk melihat progam-progam kerja yang telah direncanakan untuk dievaluasi kembali agar terlaksana dengan baik ke depan”, ujarnya di penghujung diskusi.

Selesai diskusi, kemudian dilanjutkan pembacaan doa oleh Imam Hanafi. “Marilah kita memanjatkan doa sesuai dengan agenda kita yakni refleksi akhir tahun dan menyambut datangnya Tahun baru Masehi, untuk itu sahabat-sahabat sekalian kita bersama-sama membaca doa akhir tahun dan menyambut tahun baru secara bersama-sama”, pinta Imam mengawali doanya.


0 Comments