Aksi PMII Kutim Peringati Kesaktian Pancasila


Sangatta - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yag ke-49 puluhan aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cab. Kutai Timur gelar aksi damai di depan kantor DPRD, Rabu (1/10). Kordinator Lapangan, Nur Muhabibudin mengaku, anggota berkisar 50 orang berangkat dari sekertariat PMII di Jalan Apt. Pranoto. Gg. Donomulyo menyisir jalan Yos. Sudarso II, sempat berorasi di simpang 3 Kantor Pos dan juga simpang 3 Jalan Pendidikan, mulai pukul 08.00 wita dan berakhir ada pukul 11.00. “Aksi damai ini juga masih dalam pengawalan ketat aparat kepolisian dan satpol PP, juga terlaksana aman terkendali’, katanya.

 Dalam orasinya, mereka menyuarakan 10 point dengan Tema Refleksi Hari Kesaktian Pancasila untuk Pembangunan Kutim yang lebih baik. 10 point tersebut diantaranya adalah; Pancasila tidak untuk komoditas politik. Menolak dengan tegas segala bentuk kekerasan atas nama agama. Menolak intervensi asing. Meminta pemerintah unuk menindak tegas kelompok-kelompok yang memicu disintegrasi bangsa dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam menjalankan amanat UUD sebagai landasan berpijak.

 Menuntut kepada pemerintah dan DPRD Kab.Kutai Timur agar menjalankan pemerintahan yang bersih dan berkeadilan, menghentikan separatisme yang ingin memecah belah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu mereka juga mendesak Pemerintah dan DPR agar membatalkan pengesahan UU pilkada melalui Mahkamah Konstitusi.

 Ketua Cabang PMII, Nashirudin mengatakan,”Dimoment hari kesaktian pancasila ini kita bersama-sama berkomitmen menjaga kemurnian pancasila serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari”.

0 Comments