Refleksi Hari Santri Nasional, Rayon PAI Al-Asy’ari Gelar Nobardis “Sang Kyai”


            Sangatta-Rayon PAI AL-ASY’ARI PMII Komisariat STAI Sangatta menggelar kegiatan Nonton Bareng & Diskusi (NOBARDIS) film “Sang Kyai” yang bertemakan “Refleksi dan Peringatan Hari Santri Nasional 2021” di Sekretariat PMII Kutai Timur. Kegiatan ini di inisiasi oleh Sahabat Khoerul Annam selaku Ketua 1 Kaderisasi Rayon PAI AL-Asy’ari. Sasaran kegiatan ditujukan untuk seluruh kader-kader yang ada PMII Kutai timur dengan mengundang Sahabat Randy M. Gumilang selaku dosen UINSI Samarinda sebagai narasumber. Sebelum kegiatan Nobardis dimulai, terlebih dahulu sahabat-sahabat yang hadir mengirimkan doa dan al-fatihah untuk para syuhada dan pejuang terkhusus untuk KH. Hayim Asy’ari kemudian dilanjut dengan Nobar film “Sang Kyai” pada Sabtu, (23/10/2021).

Sahabat Bahri selaku Ketua PMII Komisariat STAI Sangatta juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, “kegiatan semacam ini perlu diadakan lagi, bukan hanya menunggu momentum hari besar nasional saja, tapi rutin sebagai bentuk penambahan wawasan dengan cara menyenangkan namun edukatif untuk para kader-kader kita hari ini,"ujarnya.

Sahabat Randy sebagai narasumber pada kegiatan tersebut berharap agar kegiatan yang semacam ini bisa lebih sering diadakan. Karena menurutnya ketika dihadapkan dengan tuntutan membaca. Sahabat-sahabat hari ini cenderung merasa berat dan malas. Berbeda dengan menonton film dan mendiskusikannya, akan lebih rileks dan havefun dalam melaksanakannya.

“kegiatan yang semacam ini saya harap bisa diadakan setiap minggu, karena lebih menyenangkan dari pada ketika sahabat-sahabat harus membaca buku dan belum tentu masuk. Dengan menonton film dan mendiskusikannya, ini lebih memudahkan sahabat-sahabat dalam memahami sesuatu, tentu film yang berisi nilai sejarah dan edukasi”.Ujar Sahabat Randy

“selain itu, karena kita juga santri maka sudah menjadi kewajiban kita untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu dengan mengisi kemerdeakaan utuh yang sudah diperjuangkan,"tambahnya.

Sahabat Khoerul Annam selaku inisiator kegiatan mengungkapkan bahwa momentum Hari Santri Nasional tahun ini menjadi paket edukatif komplit dengan kembali mengulik nilai dan kebesaran sosok KH. Hasyim Asy’ari untuk kita teladani.

“Bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional 2021, kegiatan ini sekaligus menjadi edukasi dan refleksi terhadap sahabat-sahabat hari ini. Banyak nilai historis dan filosofis yang bisa dipetik dan teladani dari sosok Hadratusyekh KH. Hasyim Asy’ari, baik dari segi akhlaq, keteguhan aqidah dan nasionalisme yang kuat”. Jelas Sahabat Anam.

“Selain itu juga, Hari Santri Nasional ini bukan hanya milik santri yang notabene menjalani pendidikan di pesantren-pesantren saja. Hari Santri Nasional juga ditujukan untuk sahabat-sahabat yang sedang menjalani proses dan pembelajaran di Pesantren besar yang bernama PMII. InsyaAllah sanad keilmuannya yang secara orisinil diambil dari NU tentu akan nyambung hingga Nabi SAW,"tambahnya. 

 

  

0 Comments