Perdalam Ilmu Agama; KOPRI Rayon Beriun Ekonomi Syari'ah Adakan Pembalajaran Tahsin dan Kultum Di Internal Pengurus

pmiikutim.or.id,-KOPRI Rayon Beriun Ekonomi Syari'ah PMII Komisariat STAI Sangatta, mengadakan kegiatan tahsin yang merupakan salah satu dari proker keagaaman KOPRI Rayon. Kegiatan ini terlaksana pada hari Jum’at, 26 Februari 2021 pukul 16.10 Wita hingga 17.40 wita. dikediaman sahabat Nur Wahyuni yang juga merupakan Sekretaris KOPRI Rayon.

Berawal dari keinginan untuk memperbaiki dan memperlancar bacaan Al-Qur’an dari sahabat-sahabat hingga terbesitlah hasrat  untuk mengadakan kegiatan tahsin dengan sasaran awal internal Rayon dan KOPRI Rayon Beriun.

Sesuai dengan keinginan sahabat-sahabat, ketua KOPRI Rayon juga berharap agar tujuan awal kegiatan ini dapat tercapai “saya juga berharap agar sahabat-sahabat di Rayon Beriun paham dengan bacaan al-qur'an, seperti panjang pendeknya, tajwid, Makhraj dan dapat memperlancar bacaanya. Besar harapan saya agar tahsin ini dapat menjadi kegiatan rutinan, dan kami semua diberikan istiqomah.” Tutur Fauziah Handayani selaku Ketua KOPRI Rayon Beriun Ekonomi Syariah.

Sang koordinator kegiatan, sahabat Yasya Malika juga berkata “ini zaman milenial, yang namanya wawasan agama harus beriringan juga. Terlebih dalam mempelajari makharijul huruf Al-Qur'an yang itu akan terus tertanam dihati, dan akan selamanya sampai akhirat bermanfaat” ucapnya

Tidak hanya mengadakan tahsin, keagamaan KOPRI Rayon juga bekerja sama dengan divisi keagamaan Rayon dengan mengadakan Kultum atau kuliah tujuh menit. dengan harapan agar silahturahim antar Rayon dan KOPRI Rayon terjalin dan agar dikegiatan ini tidak hanya di hadiri oleh KOPRI saja. 

Setelah mengaji, kegiatan tahsin di tutup dengan membaca doa khotmil qur'an dan surah Al-waqiah bersama-sama. Lalu dilanjut sholat maghrib berjamaah dan kultum oleh sahabat Akmaluddin yang juga merupakan anggota keagamaan Rayon.

Selain melatih public speaking, Ketua III keagamaan Rayon yaitu Sri Wulan Sari juga mengatakan “harapan saya di kegiatan kultum ini sahabat-sahabat khususnya di Beriun dapat belajar dan lebih mengetahui apa yg kita tidak diketahui dari sebelumnya” tuturnya.

Teguh selaku Ketua Rayon Beriun Ekonomi Syariah juga sangat mendukung kegiatan tahsin dan kultum ini, karena selain belajar kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silahturahim pengurus dan anggota Rayon Beriun Ekonomi Syariah. 

“Saya sangat mendukung, karena selain belajar public speaking kegiatan ini juga sebagai ajang silahturahim antar anggota dan pengurus. Pada kegiatan tahsin kita belajar untuk memperbaiki cara baca Al-Qur’an yang salah agar sesuai tajwid dan mahrajnya.” ucap teguh.
(st)

0 Comments