PMII Kutim Sukses Gelar MAPABA XX, Walau di Masa Pandemi.

Irwansyah, Ketua Umum PC PMII Kutim Saat Sambutan Penutupan Mapaba XX

pmiikutim.or.id, Sangatta-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kutai Timur, sukses mencetak sejarah baru dengan melakasanakan proses kaderisasi Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) XX  dimasa Pandemi. Kegiatan MAPABA ini merupakan kegitan kaderisasi formal, yang wajib dilaksanakan. PMII Kutai Timur mengadakan MAPABA secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan MAPABA ini di tanggungjawabi oleh dua Rayon Beriun Ekonomi Syariah dan Rayon Sultan Al-Fatih Akhwalu Syakhsiah  yang ada di bawah Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (20/09/2020).

Dengan mengkuti Protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh dinas kesehatan, maka kepanitiaan menjamin akan kesehatan peserta serta menegaskan pada peserta untuk melalukan perlindungan diri sendiri, seperti  peserta MAPABA di wajibkan memakai masker dan selalu membawa hand sanitizer selama kegitan berlangsung. Panitia juga mengkonsep acara dengan benar-benar mematuhi himbauan untuk  social distancing dan phycal distancing. Karena panitia juga sadar bahwa kesehatan dan kenyamanan bersama jauh lebih utama, maka panitia sebelum mengadakan kegitan yang mengumpulkan masa seperti ini mereka sudah mengantongi surat izin dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sahabat AnamHermansyah dalam sambutan penutupnya, sebagai penanggungjawab dan sekaligus ketua Rayon Sultan Al-Fatih Akhwalu Syakhsiah, “benar, kami memang mengadakan kegiatan yang mengumpulkan masa Seperti MAPABA ini, tapi sebelum kami mengadakan kegiatan ini banyak pertimbangan yang harus kami perhatikan, salah satunya mengingat kita juga sedang berada di masa yang mau tidak mau gerak kita di batasi dengan Virus  Corona ini, maka kami melakukan komunikasi baik dengan Dinas Kesehatan maupun unsur Kepolisian, dan baiknya mereka memberikan izin, dengan syarat mematuhi protokol kesehatan,” ujar Anam.

Melihat kesungguhan yang diberikan oleh ketua Rayon Sultan Al-Fatih Akhwalu syakhsiah kegitan yang belangsung selama tiga hari berturut ini, juga disambut baik oleh ketua  Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta, dia merasa bahwa memang perlu tetap dilakukan pengkaderan walaupun dimasa seperti ini. “saya merasa sah-sah saja melakukan kegiatan seperti ini, karena kegiatan yang bersifat kaderisasi seperti ini memang harus selalu berjalan. Nah tugas kita sebagai kaderlah yang harus menemukan solusi, dan solusi yang diberikan kader dalam kepanitiian tetap menjalani dengan mematuhi protokol kesehatan, saya selaku ketua Komsat sangat mendukung itu, dan saya harap kepanitiian bisa mematuhi semuanya dengan baik,” jelas Muh Gustian sebagai ketua Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

Terlepas dari itu semua, Kegiatan yang bertemakan “Membentuk Generasi Yang Competitive, Berintegritas, Dan Memiliki Jiwa Nasionalisme Berlandaskan Ahlussunnah Wal Jama’ah” tersebut sangat dijalani dengan kenangan dan kesan yang baik dirasakan oleh peserta MAPABA yang menjalaninya. kegiatan yang berlangsung tiga hari ini, pasti memberikan sejarah baru dalam catatan hidup mereka sebagai Mahasiswa yang baru seumur jangung bergelut di bangku perkuliahan.

‘’sebelumnya saya selaku ketua angkatan dari MAPABA XX ini, mewakilkan seluruh sahabat-sahabat saya yang baru bergabung di PMII mengucapkan banyak terimaksih kepada seluruh senior dan panitia yang sudah dengan sabar menghadapi kami dan memerikan ilmu yang sangat bermaanfaat bagi kami . Saya juga selaku peserta memohon maaf jika kami terkadang susah untuk diberikan arahan, kami ucapkan sekali lagi terimakasih dan mohon maaf”. Ucap Anshar dalam pesan dan kesan saat penutupan selaku Ketua Angkatan MAPABA XX.

Irwansyah, selaku ketua umum PMII cabang Kutai Timur juga memberikan semangat kepada semua  panitia agar tetap semangat sampai kegiatan ini benar-benar berakhir, dan selamat bagi peserta yang baru bergabung bersama bersama PMII Cabang Kutai Timur. Ketua Umum yang terlihat gagah hari itu juga sangat merasa bangga Karena PMII Kutai Timur lagi-lagi mencetak sejarah baru. Hal ini ia sampaikan pada saat penutupan acara MAPABA XX“ saya sangat bangga kepada semua anggota baru serta kader yang sudah mau membagi waktunya Untuk PMII, sahabat yang baru bergabung bersama kami di PMII harus meyakini bahwa PMII adalah wadah belajar yang insya Allah akan menyesatkan sahabat- sahabat dijalan kebenaran, saya selaku ketua umum sangat menyambut baik kedatangan sahabat semua. Semoga kita bisa menjadi sahabat selalu susah dan senang bersama, mundur selangkah adalah bentuk suatu penghianatan, tangan terkepal dan maju kemuka, salam pergerakan,” terang Irwansyah. (SG)

0 Comments